Al-Azhar News
Home | Selayang Pandang | Paradigma Keilmuan

Paradigma Keilmuan

Aqidah yang bersih (سَلِيْمُ الْعَقِيْدَة)
Meyakini Allah swt sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara, dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap, dan perilaku bid’ah, khurafat, dan syirik

Ibadah yang benar (صَحِيْحُ الْعِبَادَة)
Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi : sholat, shaum, tilawah Al-Qur’an, dzikir, dan doa sesuai petunjuk Al-Qur’an dan As Sunnah.

Pribadi yang matang (مَتِيْنُ الْخُلُقِ)
Menampilkan perilaku yang santun, tertib dan disiplin, peduli terhadap sesama dan lingkungan serta sabar, ulet, dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.

Mandiri (قَادِرٌ عَلَى الْكَسْبِ)
Mandiri dalam mengelola/mengurus segala keperluan sehari-harinya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya kelak.

Cerdas  dan Berpengetahuan (مُثَقَّفُ الْفِكْرِ)
Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, logis, sistematis,dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas, terampil, dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya, dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.

Sehat dan Kuat (قَوِيُّ الْجِسْمِ)
Memiliki raga yang sehat dan bugar, stamina, dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak lain.

Bersungguh-sungguh dan Disiplin (مُجَاهِدٌ لِنَفْسِهِ)
Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungannya yang ditunjukkan dengan perbaikan diri dan peduli lingkungan

Tertib dan Cermat (مُنَظَّمٌ فِيْ شُؤُوْنِهِ)
Tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas dan kewajiban; berani dalam mengambil resiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah.

Efisien (حَرِيْصٌ عَلَى وَقْتِهِ)
Selalu memanfaatkan waktu dengan pekerjaan yang bermanfaat dan mampu mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas.

Bermanfaat (نَافِعٌ لِغَيْرِهِ)
Peduli kepada sesama dan memiliki kepekaan untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan.

NILAI-NILAI

  1. Ikhlas : mencari ridho Allah swt semata
  2. Amanah : menunaikan tugas dengan penuh tanggung jawab
  3. Tsaqifah : mengasah ilmu dan meluaskan pengertahuan
  4. Ukhuwwah : membangun kebersamaan, persaudaraan, dan selalu tolong menolong
  5. Khidmah : mengedepankan bantuan dan pelayanan
  6. Ghiroh : mengobarkan semangat bekerja dan berkarya
  7. Iffah : menjaga kehormatan dan memelihara diri
  8. Da’wah : menyebarkan kebaikan dan mencegah kemungkaran

Selamat datang di website Al-Azhar | Islamic Education Center :: Dapatkan informasi menarik dengan follow Twitter kami @ppalazhar :: Saran, masukan, informasi, dan artikel bisa dikirimkan ke email: admin@alazhar.id atau hubungi: (0321) 383333.