Al-Azhar News
Home | Artikel | Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

LUKMAN LATIF
Lukman Latif

Oleh : Lukman Latif
(Wali Murid SD Islam Plus Al-Azhar)

Komite sekolah merupakan nama baru pengganti Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3). Secara substansi kedua istilah tersebut tidak begitu mengalami perbedaan. Yang membedakan hanya terletak pada pengoptimalan peran serta masyarakat dalam mendukung dan mewujudkan mutu pendidikan.

Dari salah satu tujuan pembentukan Komite Sekolah adalah mewadahi, menyalurkan aspirasi, menciptakan kondisi transparan serta meningkatkan tanggungjawab masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan. Berangkat dari hal tersebut Komite Sekolah harus berperan sebagai jembatan komunikasi antara sekolah dan orangtua murid. Di samping itu juga komite sekolah harus mampu menumbuhkan sikap loyalitas orang tua atau masyarakat untuk mewujudkan sekolah menajdi sekolah yang unggul.

Namun faktanya fungsi dan peran Komite Sekolah masih kurang optimal untuk mendukung berbagai macam program sekolah. Kurang optimalnya fungsi dan peran Komite Sekolah adalah dari aspek SDM dan fasilitas organisasi. Masing-masing anggota Komite yang sibuk dengan rutinitas kerjanya juga menjadi factor penting kurang ketersedian waktu untuk menuangkan pemikiran atau aksi nyata untuk ikut berperan memabngun sekolah yang unggul. dan berprestasi.

komite(Foto: www.awasibos.org)

Mutu dalam konteks “hasil” pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh sekolah pada setiap kurun waktu tertentu. Prestasi yang dicapai atau hasil pendidikan dapat berupa hasil tes kemampuan akademis, dapat pula prestasi bidang lain seperti olah raga, seni atau keterampilan tertentu. Bahkan prestasi sekolah dapat berupa kondisi yang tidak dapat dipegang seperti suasana disiplin, keakraban, saling menghormati, kebersihan, dan sebagainya. Untuk mewujudkan itu semua salah satunya harus kita perkuat Komite Sekolah kita. Komite Sekolah yang loyal kepada sekolah baik pikiran, tenaga maupun material.

Perlu dilakukan pembinaan terhadap Komite Sekolah agar kinerja Komite Sekolah dapat ditingkatkan. Pembinaan dapat dilakukan oleh jajaran Dinas Pendidikan di tingkat kota, Dewan Pendidikan, maupun LSM yang bergerak bidang pendidikan. Untuk meningkatkan Kinerja Komite Sekolah, penguatan kelembagaan Komite Sekolah melalui reorganisasi patut dipertimbangkan dan pengadaan fasilitas organisasi perlu dilakukan.[]

Lihat Juga

Bagaimana Menghapal Al-Qur’an dan Apa Saja Yang Dapat Menghalangi Hafalan?

Sebagai seorang mukmin, kita tentunya berkeinginan untuk dapat menghafal al-Quran dan setiap kita pasti memimpikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 14 =


Selamat datang di website Al-Azhar | Islamic Education Center :: Dapatkan informasi menarik dengan follow Twitter kami @ppalazhar :: Saran, masukan, informasi, dan artikel bisa dikirimkan ke email: admin@alazhar.id atau hubungi: (0321) 383333.