[tabs type=”vertical”]
[tabs_head]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”user-4″ wrap=”i”] PROFIL [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”tree” wrap=”i”] STRUKTUR ORGANISASI [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”books” wrap=”i”] KURIKULUM [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”cabinet” wrap=”i”] SISTEM PENDIDIKAN [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”accessibility” wrap=”i”] EKSTRAKURIKULER [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”trophy” wrap=”i”] PRESTASI [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”grin” wrap=”i”] JADWAL BERMAIN [/tab_title]
[tab_title] [wp-svg-icons icon=”location” wrap=”i”] PETA LOKASI [/tab_title]
[/tabs_head]

 

[tab]

tk bernyanyi

DATA SEKOLAH 

Nama Sekolah TK Islam Plus Al-Azhar
NISS 000460
Provinsi Jawa Timur
Otonomi Daerah Kota Mojokerto
Kecamatan Magersari
Desa / Kelurahan Wates
Jalan dan Nomor Jl. Bromo No. 2
Telepon [wp-svg-icons icon=”phone” wrap=”i”] (0321) 323626
Daerah Kota Mojokerto
Status Sekolah Swasta
Akreditasi A
Surat Keputusan / SK 421.2/888/417.301/2013
Penerbit SK Dinas Pendidikan Kota Mojokerto
Tahun Berdiri 2003
Kegiatan Belajar Mengajar 5 hari sekolah
Bangunan Sekolah Permanen
Status Bangunan Milik sendiri
Lokasi Sekolah Daerah Perkotaan
Jarak ke pusat kecamatan 1 Km
Jarak ke pusat kota 4 Km

 

[/tab]
[tab]

STRUKTUR PG-TK ISLAM PLUS AL-AZHAR

STRUKTUR PG-TK

[/tab]
[tab]

Gallery (34)

KURIKULUM PG-TK AL-AZHAR

Kurikulum PG-TK Islam Plus Al-Azhar disusun dengan mengangkat 9 pilar karakter dan nilai-nilai al-Qur’an serta Hadits sebagai dasar untuk mengembangkan karakter peserta didik. Pengelolaan kegiatan pembelajaran dikemas secara aktif, inovatif, kreatif, konstektual, menyenangkan dan Islami. PG-TK Islam Plus Al-Azhar menerapkan model pembelajaran sentra, dimana setiap kelompok kelas dalam sehari, bermain dalam satu sentra yang di dalamnya berisi berbagai aktifitas main sebagai pemenuhan densitas main. Adapun macam-macam sentra yang dilaksanakan untuk pembelajaran di PG-TK Islam PLus Al-Azhar antara lain :

Sentra Seni Kreasi

Sentra ini merupakan tempat untuk berekspresi dan mendorong anak untuk menciptakan berbagai karya sesuai dengan kreatifitas anak melalui berbagai macam warna, bentuk, coretan bermakna yang diharapkan anak bisa mengemukakan ide kreatifnya melalui hasil karya. Diharapkan kemampuan motorik halus serta kreatifitas anak berkembang secara optimal setelah bermain dan belajar pada sentra seni kreatifitas ini. Media dan alat permainan di sentra ini antara lain: semua bahan dan alat untuk berkreasi, kertas gambar, alat cocok, pasta kreatif, krayon, alat menjahit, manik-manik, kertas lipat, gunting, lem, plastisin, kertas warna dan sebagainya.

Sentra Pilihan

Pada sentra ini disedikan pilihan main sesuai tema yang diadakan. Pilihan kegiatan dapat berupa memasak, bertanam, beternak, bermain musik dll.

Sentra Ibadah dan Akhlaqul Karimah

Sentra Ibadah adalah tempat yang dipakai kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Kepada Allah SWT. Adapun media atau alat-alat pembelajaran yang dipersiapkan di sentra ini antara lain: maket tempat ibadah, gambar tata cara shalat, gambar tata cara berwudlu, sajadah, mukena, peci, kain sarung, kerudung, buku tilawati, kartu huruf hijaiyah, tasbih, Juz ‘amma, al-Qur’an, dan sebagainya.

Sentra Rancang Bangun

Sentra rancang bangun ini merupakan tempat untuk bermain, berekspresi dan berimajinasi dalam rangka mengembangkan kognitif, bahasa, sosial emosional, seni dan olah pikir serta motoriknya, dengan berbagai macam balok berbagai ukuran dan warna, lego, balok kreatif, kepingan geometri dari triplek berbagai ukuran dan warna, kotak geometri, kendaraan tiruan (laut, udara dan darat), binatang tiruan dari kayu, tanaman tiruan dari kayu, rambu-rambu lalu lintas, kubus berpola, kubus berbagai ukuran dan warna, dan sebagainya.

Sentra Persiapan Bahasa

Sentra ini adalah tempat anak untuk bermain melalui berbagai macam kartu-kartu buku cerita, kartu-kartu suku kata, kartu-kartu kata dan kartu-kartu kalimat sederhana untuk melatih bahasa anak agar berkembang dan mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat anak untuk berbahasa Indonesia dan mampu menggunakan bahasa ibu. Media/alat permainan ini antara lain: buku-buku cerita, gambar seri, kartu kategori kata, papan nama-nama hari, boneka tangan, panggung boneka, papan flanel, kartu nama-nama hari, kartu nama-nama bulan, majalah anak, koran, macam-macam gambar sesuai tema, dan sebagainya.

Sentra Imajinasi

Sentra ini merupakan wahana untuk berekspresi, berimajinasi memerankan tokoh-tokoh idola anak untuk diapresiasikan dalam bentuk bermain peran atau dramatisasi. Sebagai pendukung sentra ini diperlukan media atau peralatan diantaranya: lemari baju, meja kursi kecil (meja tamu), boneka-boneka, tempat jemuran, tempat gosokan + setrikaan, baju-baju besar, baju profesi, handuk, bekas make-up + minyak, minyak wangi + sisir, alat masak, alat pertukangan, tas-tas, sepatu, sandal, cermin, telepon-teleponan, dan sebagainya.

Sentra Eksplorasi

Sentra ini merupakan tempat untuk mengembangkan kognitif anak, berupa pembelajaran sains sederhana, ilmu pengetahuan alam awal untuk melakukan riset/penelitian secara sederhana serta bereksperimen, bereksplorasi dengan berbagai macam benda-benda alam seperti tumbuh-tumbuhan, dll. Di sentra ini anak bereksplorasi dan menjelajah untuk menemukan sesuatu yang baru dari sifat-sifat bahan yang bisa ditemui di jagat alam raya. Media dan alat peraga yang digunakan disini antara lain: macam-macam gambar-gambar perkembangbiakan binatang, gambar-gambar proses pertumbuhan tanaman, biji-bijian (jagung, kacang tanah, kacang hijau, beras), kerang, batu, kerikil, bunga karang, magnit, mikroskop, kaca pembesar, pipet, tabung ukur, timbangan kue, timbangan sebenarnya, gelas ukur, gelas pencampur warna, nuansa warna, meteran, penggaris, benda-benda kasar-halus (batu, batu bata, amplas, besi, kayu, kapas, dll.), benda-benda pengenalan berbagai macam rasa (gula, kopi, asam, cuka, garam, sirup, cabe dll.), berbagai macam bumbu dapur (bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, kemiri, lengkuas, daun salam, jahe, kunyit, jintan, dll.), bak pasir, bak air, corong, cetakan, tanah liat dan sebagainya.

Sentra Main Tradisional

Sentra ini adalah tempat untuk mengenalkan anak pada permainan tradisional guna untuk melestrarikan mainan khas Indonesia. Sentra ini mengembangkan ketrampilan fisik motorik, bahasa, seni, kognitif, maupun nilai sosial emosional. Permainan yang disajikan sesuai dengan tema yang sedang dimainkan. Alat permainan yang disediakan diantaranya: egrang, dakon, batu kerikil, pate lele (benthik), kekean, karet gelang dll.

Sentra Olah Raga

Sentra ini adalah tempat untuk mengembangkan bakat dan minat anak yang berkaitan dengan olah motoriknya agar bisa berkembang secara optimal. Media dan alat peraga yang digunakan disini antara lain: simpai, angklung, maracas, organ, tape, kerincingan, gitar kecil, rebana, kentongan, jungkitan mini dan sebagainya.

Sentra Persiapan Matematika

Sentra ini merupakan tempat untuk bermain dalam rangka mengenalkan konsep bilangan, konsep penambahan dan pengurangan untuk pengembangan kognitif, olah pikir dan motorik halus anak. Sentra ini berisi berbagai macam media/alat permainan yang berupa lambang bilangan, kepingan geometri, kartu angka, puzzel, konsep bilangan, kubus permainan, pohon hitung, papan jamur, ukuran panjang pendek, ukuran tebal tipis, pensil, manik-manik, penggaris, meteran, buku tulis, passel busa (angka), kalender, gambar bilangan, papan pasak, jam, kartu gambar, kartu berpasangan, lembar kerja, dan sebagainya.

Sentra Teknologi Informatika

Sentra ini adalah tempat anak untuk bermain berbagai macam pengetahuan dengan menggunakan multimedia. Pengenalan teknologi modern diajarkan melalui permainan dalam sentra ini. Peraga yang disiapkan dalam sentra ini adalah laptop, LCD, VCD, DVD, tablet dll.

[/tab]
[tab]

Gallery (21)

SISTEM PENDIDIKAN

Berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak
Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak merupakan individu yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan secara individual. Kegiatan yang disiapkan perlu memperhatikan cara belajar anak yang dimulai dari cara sederhana ke rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke verbal, dan ke-aku-an ke rasa sosial.

Berorientasi pada kebutuhan anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak pada usia dini sedang membutuhkan proses belajar untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangannya. Dengan demikian berbagai jenis kegiatan pembelajaran hendaknya dilakukan berdasarkan pada perkembangan dan kebutuhan masing-masing anak.

Bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain
Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan pembelajaran di PG-TK. Kegiatan pembelajaran yang disiapkan oleh pendidik hendaknya dilakukan dalam situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan, dan media yang menarik serta mudah diikuti oleh anak. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi anak. Ketika bermain, anak membangun pengertian yang berkaitan dengan pengalamannya.

Menggunakan pendekatan tematik
Perkembangan anak bersifat sistematis, progresif dan berkesinambungan. Hal ini berarti kemajuan perkembangan satu aspek akan mempengaruhi aspek perkembangan lainnya. Karakteristik anak memandang segala sesuatu sebagai suatu keseluruhan, bukan bagian demi bagian. Stimulasi harus diberikan secara terpadu sehingga seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara berkelanjutan, dengan memperhatikan kematangan dan konteks sosial, dan budaya setempat.
Contohnya jika anak melakukan kegiatan makan, maka dalam kegiatan tersebut anak mengembangkan aspek:

  • Sosial Emosional : mengerti adab makan yang baik dan benar.
  • Nilai-nilai agama Islam dan Moral: mengerti bacaan do’a sebelum dan sesudah makan serta hadits  tentang makan.
  • Bahasa: mengenal kosakata tentang nama makanan dan peralatan makan.
  • Kognitif: mengerti manfaat makan.
  • Fisik Motorik: belajar memegang sendok dan piring.
  • Seni: membangun dengan balok.

Aktif, Kreatif dan inovatif
Proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, menyenangkan dan Islami dapat dilakukan oleh anak yang disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru. Pengelolaan pembelajaran hendaknya dilakukan secara demokratis, mengingat anak merupakan subjek dalam proses pembelajaran. Pendidik harus mampu menciptakan suasana yang mendorong anak aktif mencari, menemukan, menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, melakukan serta mengalami pengalaman mainnya sendiri.

Lingkungan kondusif
Lingkungan pembelajaran harus diciptakan sedemikian menarik dan menyenangkan serta demokratis sehingga anak selalu betah dalam lingkungan sekolah baik di dalam maupun di luar ruangan. Lingkungan fisik hendaknya memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain. Penataan ruang belajar harus disesuaikan dengan ruang gerak anak dalam bermain sehingga anak dapat berinteraksi dengan mudah baik dengan pendidik maupun dengan temannya.

Lingkungan belajar hendaknya tidak memisahkan anak dari nilai nilai budayanya, yaitu tidak membedakan nilai-nilai yang dipelajari di rumah dan di sekolah ataupun di lingkungan sekitar. Pendidik harus peka terhadap karakteristik budaya masing-masing anak.

Mengembangkan kecakapan hidup
Proses pembelajaran harus diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup melalui penyiapan lingkungan belajar yang menunjang berkembangnya kemampuan menolong diri sendiri, disiplin dan sosialisasi serta memperoleh ketrampilan dasar yang berguna untuk kelangsungan hidupnya.

Berorientasi pada pengembangan nilai- nilai karakter
Pemberian rangsangan pendidikan diarahkan untuk mengembangkan nilai-nilai yang membentuk karakter tidak dengan pembelajaran langsung, akan tetapi melalui pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan serta melalui pembiasaan dan keteladanan.

Berorientasi pada pembelajaran yang demokratis
Pembelajaran yang demokratis sangat diperlukan untuk mengembangkan rasa saling menghargai antara anak didik, dan antara anak dengan anak lainnya.

Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber
Penggunaan media belajar, sumber belajar, dan narasumber bertujuan agar pembelajaran lebih konstektual dan bermakna.

[/tab]
[tab]

tk bernyanyi

EKSTRAKURIKULER

MUSIK VOCAL

Ektrakurikuler musik dan vocal adalah kegiatan belajar menghafalkan lirik lagu dengan iringan musik organ. Kegiatan ini disamping untuk menghafalkan lagu juga bertujuan untuk belajar olah vocal. Pemandu dari ektrakurikuler ini adalah Pak Teguh. Pelaksanaan kegiatan ekstra ini setiap hari Senin pukul 10.00 – 11.00 WIB secara bergantian antara kelompok A dan kelompok B dengan durasi waktu 30 menit.

TARI DAN MODELLING

Ektrakurikuler tari adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan olah tubuh dan motorik kasar. Pemandu dari ektrakurikuler ini adalah Kak Tiara. Pelaksanaan kegiatan ekstra ini setiap hari Selasa pukul 10.00 – 11.00 WIB secara bergantian antara kelompok A dan kelompok B dengan durasi waktu 30 menit. Sedangkan kelompok Play Group jam 09.00 – 09.30 WIB saat jam mengaji bergantian antara anak laki-laki dan perempuan. Tari dilaksanakan pada minggu ganjil dan modelling dilaksanakan pada minggu genap.

BERCERITA

Ektrakurikuler bercerita adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan bahasa dan keberanian anak untuk percaya diri tampil di depan umum. Pemandu dari ektrakurikuler ini adalah Kak Virly. Pelaksanaan kegiatan ekstra ini setiap hari Kamis pukul 10.00 – 11.00 WIB secara bergantian antara kelompok A dan kelompok B dengan durasi waktu 30 menit.

RAMPAK REBANA

Ektrakurikuler rampak rebana adalah kegiatan untuk mengenalkan musik dan menguatkan otot tangan. Kegiatan rampak rebana hanya diperuntukkan untuk anak kelompok A. Pemandu dari ektrakurikuler ini adalah Pak Hadi. Pelaksanaan kegiatan ekstra ini setiap hari Selasa pukul 11.00 – 11.45 secara bersama-sama.

DRUM BAND

Ektrakurikuler drum band adalah kegiatan pembelajaran untuk mengenalkan berbagai alat musik yang dimainkan secara bersama-sama dan berkesinambungan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk pengembangkan kognisi serta motorik anak. Pemandu dari ekstrakurikuler ini adalah Pak Hadi dan Pak Sugeng. Pelaksanaan kegiatan ekstra ini setiap hari Rabu pukul 10.00 – 11.45 WIB secara bersama-sama dan diperuntukkan bagi kelompok B.

LUKIS DAN CRAFT

Ektrakurikuler Lukis dan Craft adalah kegiatan belajar menggambar dan membuat sketsa serta menciptakan suatu karya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan motorik halus serta kreatifitas anak . Pemandu dari ekstrakurikuler ini adalah Pak Dwi. Pelaksanaan kegiatan ekstra ini setiap hari senin pukul 10.00 – 11.00 secara bergantian antara kelompok A dan kelompok B dengan durasi waktu 30 menit.

[/tab]
[tab]

PRESTASI PG-TK ISLAM PLUS AL-AZHAR

NO

JENIS LOMBA

TAHUN

PENYELENGGARA

TINGKAT

1 Lomba Membaca Doa Islami HAN 2004 Dinas P & K   Kota Mojokerto Kota
2 Lomba Membaca Doa Islami HAN 2004 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
3 Menyusun Balok Unit Tingkat Play Group HAN 2004 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
4 Lomba Kolase PHBI 1 Muharram 1427 H 2004 PGTKM NU Kota Mojokerto Kota
5 Lomba Finger Painting PHBI 1 Muharram 1427 H 2004 PGTKM NU Kota Mojokerto Kota
6 Lomba Menyanyi Bersama Tinggak Play Group HAN 2005 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
7 Lomba Tari Tingkat TK 2005 Kota
8 Top Model Batik Tinkat TK 2006 Kota
9 Senam Ciptaan Gurub HAN 2006 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
10 Lari Estafet Putri HAN 2006 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
11 Lomba Fashion Casual Children 2006 Kota
12 Lomba Mengarang Cerita Bergambar bagi guru/kepala Sekolah   TK 2006 Kota
13 Lombuat APE dari bahan bekas tingkat Play Group HAN 2007 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
14 Pawai TK HAN 2007 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
15 Lomba Percakapan Anak Tingkat TK HAN 2008 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
16 Lomba Bermain sambil bernyanyi Taman Kanak – Kanak 2008 Dinas P & K Kota Mojokerto Propinsi
17 Nominasi Gus & Yuk Cilik Remaja 2008 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
18 Festival Drum Band Kelompok TK 2008 SDN Pulorejo Kota
19 Gus Cilik 2009 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
20 Gus Cilik Kategori TK 2009 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
21 Gus Cilik Intelegency Kategori TK 2009 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
22 Kategori Pamanandi Festuval Drum Band Terbuka RA/TK 2009 Yayasan Roudotul Jannah Kab. Jombang
23 Percakapan 2 ana HAN 2009 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
24 Gus Cilik Kategori TK 2009 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
25 Peserta Karnaval Memperingati Hari Kartini 2009 Gugus I Magersari Kota
26 Open Turnamen Drum & Marching Band Wali Kota Cup 2010 Kota
27 Analisa Musik Piala Pemkab PDBI Jombang 2010 Yayasan Roudotul Jannah Kab Jombang
28 Gitapati Piala Pemkab PDBI Jombang 2010 Yayasan Roudotul Jannah Kab Jombang
29 Tingkat TK Telkomsel Kid Creativity 2010 Telkomsel Kota
30 Klasemen TK/RA Piala Pemkab PDBI Jombang 2010 Yayasan Roudotul Jannah Kab Jombang
31 Lomba Pantomim HAN 2011 Dinas P & K Kota Mojokerto Kota
32 Peserta Karnaval memperingati Hari Kartini 2011 Gugus I Magersari Kota
33 Colour Guard TK . Devisi Utama MBS Cup I 2012 Majapahit Brass Shimpony Kota
34 TK Devisi Utama MBS Cup I 2010 Majapahit Brass Shimpony Kota
35 Klasemen TK Devisi Utama MBS 2013 Majapahit Brass Shimpony Kota
36 Harapan I

Lomba Halang Rintang HAN

2014 Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Kota
37 Juara 2

Lomba Gerobak tarik HAN

2014 Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Kota
38 Juara 1

Lomba Pembelajaran Scientific

2015 Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Kota
39 Juara 3

Lomba Guru Berprestasi

2015 Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Kota
40 Juara 3

Klasemen TK Devisi Utama MBS

2015 Majapahit Brass Shimpony Kota

[/tab]
[tab]

Gallery (33)

JADWAL BERMAIN

  • PLAY GROUP – Senin-Jum’at, pukul 07.30-10.30 WIB
  • TK AL-AZHAR – Senin-Jum’at, pukul 07.30-12.00 WIB (kecuali hari Jum’at pulang pukul 10.30 WIB)

[/tab]

[tab]

LOKASI PG-TK AL-AZHAR

PG-TK AL-AZHAR
Jl. Bromo No. 2 Wates Kec. Magersari Kota Mojokerto 61317 Jawa Timur
Telp. [wp-svg-icons icon=”phone” wrap=”i”] (0321) 323626

[/tab]
[/tabs]