Al-Azhar News
Home | Artikel | Sudah Baguskah Makanan yang Kita Konsumsi Untuk Otak Kita?

Sudah Baguskah Makanan yang Kita Konsumsi Untuk Otak Kita?

foto wali murid
Ony M Ghufron

Oleh: Ony M Ghufron, Skep, Ners
(Wali Murid SMP Islam Plus Al Azhar)

Apa yang kita makan sehari-hari sangat berperan penting dan menentukan kesehatan otak. Ada beberapa jenis dari makanan-makanan tertentu, yang jika dimasukkan kedalam diet akan mengoptimalkan fungsi otak kita. Selain bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak, makanan-makanan tersebut juga membantu mencegah berbagai macam kondisi medis yang bisa mempengaruhi organ penting ini. Diet seimbang yang kaya akan nutrisi penting akan membuat otak berenergi dan tetap dalam kondisi sehat.

Berikut 10 makanan yang bagus untuk meningkatkan fungsi dan kecerdasan otak – serta kesehatan otak secara keseluruhan :

Ikan berminyak

oily-fish
Ikan berminyak seperti salmon, tuna, makarel, hering, dll mengandung asam lemak omega 3 dengan jumlah yang banyak, yang sangat penting untuk mengatur fungsi otak. Asam lemak ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya menjamin kesehatan otak secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Cabe

cabe-rawit-untuk-kesehatan
Cabe diketahui mengandung sekitar144 mg vitamin C setiap porsi100 gram, yang artinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah lain seperti jeruk. Vitamin ini berperan utama membantu otak supaya bisa berfungsi dengan benar. Sifat antioksidan vitamin ini juga akan mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas.

Tomat

Red tomatoes

Tomat sangat diperkaya dengan zat antioksidan yang bernama lycopene, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan menghilangkannya dari sistem tubuh kita. Dengan demikian, tomat bisa mencegah kerusakan otak akibat stres oksidatif. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk mencegah kehilangan memori dan kondisi lain seperti Alzheimer.

Biji labu kuning

labu-kuning
Biji atau kwaci labu kuning kaya akan kandungan seng, yaitu mineral yang meningkatkan kekuatan memori otak kita. Selain memberikan energi yang cukup untuk otak, seng/zinc juga sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan otak. Mengkonsumsi sejumlah kwaci biji labu setiap hari bisa menjauhkan otak dari kerusakan.

Brokoli

brokoli
Brokoli adalah jenis sayuran paling bergizi didunia, kaya akan vitamin C, vitamin K, dan kolin, yang juga merupakan makanan super bagi otak. Khususnya kolin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan neurotransmitter dan meningkatkan daya ingat. Sementara itu Vitamin K akan meningkatkan daya kognitif, sehingga menunda demensia terkait usia.

Kacang-kacangan

1037028shutterstock-60286993780x390
Selain ikan berminyak, kacang-kacangan adalah sumber terbaik kedua dari asam lemak Omega-3, Omega-6, folat, vitamin E, dan vitamin B6,. Kacang kenari, almond, kacang tanah, dan hazelnut mengandung lemak baik yang membantu memberdayakan otak. Sementara itu Vitamin E dalam kacang akan membantu menunda melemahnya memori karena usia. Asam lemak esensial dalam kacang akan memastikan sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga memastikan kesehatan otak.

Cokelat

Cokelat Tawar
Cokelat asli yang terbuat dari 60% kakao (dark chocolate) merupakan sumber gizi yang baik, terutama bagi otak. Kakao merupakan sumber flavanol yang baik, yang memiliki potensi untuk menjaga kesehatan otak. Studi yang dilakukan untuk meneliti manfaat kakao bagi otak menunjukkan, bahwa biji coklat yang sudah tua bisa membantu mencegah penurunan kognitif dan demensia.

Blueberry

buah-blueberry-segar
Buah bulat kecil yang berwarna biru ini menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Sangat diperkaya dengan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk memberdayakan otak. Mengkonsumsi rutin blueberry sangat dikenal bisa meningkatkan daya ingat serta menunda berkurangnya memori karena faktor usia. Studi yang telah dilakukan dengan buah ini juga menunjukkan bahwa antioksidan didalamnya bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas, dan menurunkan stres oksidatif yang sangat mempengaruhi otak.

Biji rami

biji-rami-makanan-super-yang-jarang-dikenal-keluarga-biji
Biji rami juga merupakan sumber asam lemak Omega 3 – ALA yang baik, yang membantu otak untuk memproduksi dan melindungi neuron. Selain itu biji rami juga mengandung AA dan GLA – yaitu keluarga dari Omega 6. Kedua senyawa kimia ini uga membantu mengembangkan neuron serta mengatur fungsi otak. Menggunakan 1 sampai 2 sendok teh biji rami setiap sehari bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Telur

20150930152014-tips-memilih-telur
Telur juga dikenal banyak mengandung nutrisi penting, termasuk kolin. Nutrisi ini berperan penting untuk menjaga otak agar tetap sehat. Memasukkan telur kedalam diet harian bisa membantu Anda untuk memperoleh asupan kolin harian yang direkomendasikan. Telur juga mengandung kolesterol baik, dimana yang juga sangat dibutuhkan otak untuk menjaga kesehatan neuron. Telur juga mengandung DHA, yang berguna untuk menjaga komunikasi diantara neuran yang lebih baik. Telur juga direkomendasikan buat ibu hamil, termasuk karena mengandung kolin. Nutrisi ini sangat diibutuhkan untuk pengembangan otak janin yang sehat.

Demikian beberapa makanan yang bagus bagi kesehatan otak Kita. Meskipun demikian, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, terutama untuk cokelat, telur, dan kacang-kacangan.

Disamping itu menurut Penelitian University of South Florida pada menemukan orang yang minum 3 gelas atau lebih jus buah atau sayuran setiap minggu cenderung memiliki risiko terkena penyakit Alzheimer 76% lebih rendah dibandingkan mereka yang minum kurang dari jumlah tersebut. Kadar polifenol yang tinggi –antioksidan yang terdapat di dalam buah dan sayuran– berguna untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh penyakit, jadi perlu diagendakan.[]

Dari berbagai sumber

Lihat Juga

Bagaimana Menghapal Al-Qur’an dan Apa Saja Yang Dapat Menghalangi Hafalan?

Sebagai seorang mukmin, kita tentunya berkeinginan untuk dapat menghafal al-Quran dan setiap kita pasti memimpikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − three =


Selamat datang di website Al-Azhar | Islamic Education Center :: Dapatkan informasi menarik dengan follow Twitter kami @ppalazhar :: Saran, masukan, informasi, dan artikel bisa dikirimkan ke email: admin@alazhar.id atau hubungi: (0321) 383333.