Berkarakter Mulia, Cerdas, dan Percaya Diri

KB-TK
TK2
tki
TK1

Nama Sekolah

:

TK Islam Plus Al-Azhar

NPSN

:

69772796

NISS

:

000460

Provinsi

:

Jawa Timur

Otonomi Daerah

:

Kota Mojokerto

Kecamatan

:

Magersari

Kelurahan

:

Wates

Jalan dan Nomor

:

Jl. Bromo Raya No. 2

Telepon

:

(0321) 323626

Daerah

:

Kota Mojokerto

Status Sekolah

:

Swasta

Akreditasi

:

A

Surat Keputusan

:

421.2/888/417.301/2013

Penerbit SK

:

Dinas Pendidikan Kota Mojokerto

Tahun Berdiri

:

2003

Kegiatan Belajar Mengajar

:

5 hari sekolah

Bangunan Sekolah

:

Permanen

Lokasi Sekolah

:

Daerah Perkotaan

Jarak ke pusat kecamatan

:

1 Km

Jarak ke pusat kota

:

4 Km

Kurikulum KB/TK Islam Plus Al-Azhar adalah perpaduan Kurikulum Nasional (Kurikulum 13 dan 9 pilar karakter) dan nilai-nilai agama (nilai Al-Quran dan Hadits) sebagai dasar untuk mengembangkan karakter/kepribadian peserta didik. 

Pengelolaan kegiatan pembelajaran dikemas secara menarik dengan konsep aktif, inovatif, kreatif, kontekstual, menyenangkan, dan tentunya secara Islami.

KB/TK Islam plus Al-Azhar menerapkan model pembelajaran sentra dimana setiap kelas dalam sehari-hari bermain di satu sentra yang di dalamnya berisi berbagai aktifitas bermain. 

Dalam kegiatan pembelajaran ada 12 sentra antara lain :

  1. SENTRA SENI KREASI. Sentra ini mendorong dan mengoptimalkan anak untuk berekspresi dalam hal menyalurkan ide-ide kreatif dengan berbagai hasil karya. Media yang digunakan di sentra ini bisa berupa bahan alam ataupun barang bekas yang dikemas dalam kegiatan menjahit, melukis, kolase, meronce, dan 3M (menggambar, menggunting, menempel).
  1. SENTRA PILIHAN. Merupakan tempat untuk mengembangkan kemampuan mengenal lingkungan sosial, kematangan emosi dengan menggunakan alat bermain yang berukuran besar sesuai dengan ukuran sebenarnya. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan dalam bentuk memasak, bercocok tanam, beternak juga bermain musik.
  1. SENTRA IBADAH. Sentra ini untuk melatih dan mengembangkan kecakapan personal dan kecerdasan spiritual dan juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kegiatan pembelajarannya adalah praktek wudhu juga sholat berjamaah, pengenalan huruf hijaiyah, cerita nabi dan teladan anak sholeh.
  1. SENTRA RANCANG BANGUN. Sentra ini adalah tempat mengembangkan dan mengoptimalkan daya pikir, daya cipta juga kreatifitas motorik halus dan motorik kasar. Sentra ini juga mengenalkan pada anak tentang konsep ruang, bentuk dan ukuran. Merangsang anak untuk menerapkan kerjasama, disiplin, dan sosialisasi. Kegiatan di dalamnya adalah membuat suatu bangunan dengan cara menyusun balok-balok, lego, kepingan geometri dan kubus berpola.
  1. SENTRA PERSIAPAN BAHASA. Merupakan tempat mengembangkan kemampuan keaksaraan/literasi anak. Kemampuan berkomunikasi, bercerita dan mengenal berbagai kosa kata yang dikemas dalam kegiatan mendengar, berbicara, bercerita, pra membaca dan juga pra menulis.
  1. SENTRA IMAJINASI. Sentra imajinasi ini untuk mengembangkan kemampuan anak berimajinasi, bersosialisasi, & berbahasa. Kegiatan pembelajarannya dalam bentuk bermain peran atau drama dengan pendukung berupa tiruan perlengkapan berbagai profesi, tiruan alat memasak, baju profesi, tiruan alat pertukangan.
  1. SENTRA EKSPLORASI. Sentra ini merupakan tempat untuk mengembangkan kognitif anak yang berupa kegiatan pembelajaran sains sederhana, ilmu pengetahuan tentang alam, riset/penelitian sederhana dan bereksperimen juga mengeksplor berbagai macam benda yang ada di lingkungan sekitar. Alat pendukung di sentra eksplorasi berupa kaca pembesar, timbangan, pasir, magnit, gelas ukur.
  1. SENTRA BACA. Merupakan tempat untuk mengembangkan minat anak terhadap buku-buku bacaan dan mengoptimalkan persiapan membaca dan menulis anak. Kegiatan di sentra ini semua dikemas dalam bentuk kegiatan bermain dengan alat dan media pembelajaran berupa kartu huruf, kartu suku kata dan kata, kartu bergambar dan buku cerita bergambar.
  1. SENTRA PERMAINAN TRADISIONAL. Sentra ini adalah tempat untuk mengenalkan tentang berbagai macam permainan tradisional. Untuk melestarikan permainan khas Indonesia yang sudah mulai ditinggalkan seiring kemajuan teknologi dan berbagai mainan modern. Pendukung sentra ini adalah berbagai macam alat permainan tradisional seperti egrang, dakon, gangsing, dan karet gelang.
  1. SENTRA OLAH RAGA. Merupakan tempat untuk mengembangkan dan juga melatih gerak tubuh atau motorik kasar anak. Mengembangkan bakat dan minat anak yang berkaitan dengan olah tubuh/olah raga. Media yang digunakan antara lain berbagai macam alat olah raga (bola, raket, bowling dll), matras, jungkitan, papan titian simpai.
  1. SENTRA PERSIAPAN MATEMATIKA. Sentra ini merupakan tempat untuk bermain dan mengembangkan logika matematika dalam rangka mengenalkan bentuk angka, konsep bilangan, penambahan dan pengurangan sederhana, ukuran baku dan tidak baku yang bertujuan untuk menstimulasi kognitif anak yang dikemas dalam kegiatan bermain dengan berbagai media seperti kartu angka, pohon hitung, kalender, jam.
  1. SENTRA TEKNOLOGI INFORMATIKA. Sentra ini adalah tempat untuk bermain berbagai macam pengetahuan dengan menggunakan multimedia, pengenalan teknologi modern yang diajarkan melalui permainan yang menarik dan menyenangkan dengan media pendukung berupa laptop, LCD Proyektor, DVD, tablet, dan Handphone.

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

    1. Musik vokal
    2. Tari
    3. Modelling
    4. Drum Band
    5. Lukis
    6. AHA (berhitung cara cepat)
    7. Robotics
    1. Tahfidz Alqur’an (hafal tanpa menghafal)
    2. Kegiatan puncak tema
    3. Field Trip
    4. Parenting Education
    5. TQQ
    6. Character Building
    7. Market Day
    8. Outbound
    9. Sholat berjamaah
    10. Makan siang
    11. Pembinaan untuk bakat anak

Syarat Administrasi:

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Fotocopy Kartu Keluarga.
  3. Fotocopy Akte Kelahiran.
  4. Foto 3×4 (berwarna) 3 lembar.
  5. Bersedia melakukan observasi dan wawancara orang tua.

Syarat Usia Anak: 

  • Usia minimal masuk KB Al-Azhar : 2 tahun 8 bulan (pada bulan Juli). 
  • Usia minimal masuk TK Al-Azhar : 4 tahun (pada bulan Juli). 

Lokasi

Skip to toolbar