Wisuda Juz ‘Amma bil Ghoib

Madrasah Alquran Al-Azhar adalah unit tersendiri yang menjadi pilar dari PP. Al-Azhar, memiliki dua program di seluruh jenjang pendidikan baik formal (KB/TK, SD, SMP) ataupun nonformal (pesantren) yakni binnadzar dan bilghoib.

Binnadzar adalah mempelajari cara membaca Alquran dengan melihat mushaf, pembelajaran secara bertahap dengan menggunakan metode Tilawati jilid 1-6 hingga Alquran, memperhatikan dengan detail ilmu membaca Alquran yang mencakup 10 poin pembelajaran; Makhraj 1Mengeluarkan huruf dengan fasih, Sifatul Huruf 2Membunyikan huruf dengan fasih, Tajwid Ilmi 3Mengetahui hukum bacaan dalam Quran, Tajwid Amali 4Mengaplikasikan hukum bacaan Quran saat membacanya, Tilawah 5Membaca dengan baik, Tartil 6Membaca dengan tepat, Tan-ghim 7Melagukan ayat Alquran, Ghorib 8Teliti dan berhati-hati dalam membaca Quran, Musykilat 9Mengetahui ayat-ayat yang dibaca tertentu dalam Alquran, tak lupa pula diajarkan Adab 10Akhlak saat membawa mushaf, penempatan mushaf, akhlak saat sebelum, ketika membaca juga setelah membaca, serta akhlak memuliakan Alquran.

Adapun materi pembelajaran disiplin ilmu membaca Alquran menggunakan kitab Ajmal Al-Azhar fi Tashiili Qiroat Alquran, merupakan kitab syarah Tilawati yang ditulis oleh Tim Madrasah Alquran Al-Azhar.

Khusus untuk Madrasah Alquran di Pesantren, kelas terbagi menjadi 3; Tahqiq (jilid), Tahsin (Alquran), dan Tan-ghim (kelas bimbingan qiroah).

Bilghoib adalah program menghafalkan Alquran. Dalam pembelajaran Alquran bilghoib tiap jenjang memiliki metode yang berbeda menyesuaikan dengan kemampuan para santri.

Menghafal Alquran di Pesantren Al-Azhar tidak menggunakan metode kilat, tetapi menggunakan metode istiqomah agar hafalan menjadi mutqin, dengan harapan para santri tidak hanya mampu menghafalkan Alquran dengan lancar dan tartil tetapi mempu memelihara hafalan yang telah diperoleh demi melestarikan Kalam Ilahi.

JENJANG
KURIKULUM
TARGET
METODE
DURASI
KBJuz 30 (Ad-Duha – An-Nas)1 tahunHafal tanpa menghafal Senin-Jumat selama 30 menit
TKJuz 30 (Al-Fajr – An-Nas)1 tahunHafal tanpa menghafal Senin-Jumat selama 30 menit
SD
- Reguler
- Sentra Tahfid
Juz 30
Juz 1 - 5
3 tahun
Setelah wisuda tahfid juz 30 sampai kelas 6
Hafal tanpa menghafal
Ziyadah (menambah hafalan), takrir (mengulang hafalan), imtihan (ujian perjuz), murajaah (membaca tanpa melihat mushaf juz yang telah disetorkan dengan lancar)
Senin-Jumat selama 30 menit
SMP full-day
- Reguler
- Sentra Tahfid
Juz 30
Juz 1-5
8 bulan
Setelah wisuda tahfid juz 30 sampai kelas 9
Ziyadah (menambah hafalan), takrir (mengulang hafalan), imtihan (ujian perjuz), murajaah (membaca tanpa melihat mushaf juz yang telah disetorkan dengan lancar) Senin-Jumat selama 30 menit
PESANTREN10 juz – 30 juztidak terbatasZiyadah (menambah hafalan), takrir (mengulang hafalan), imtihan (ujian perjuz), murajaah Ba’da Subuh, ba’da Maghrib, ba’da Isya setiap hari kecuali hari Kamis

Skip to toolbar